Jumat, 12 Juni 2009

Perjalanan ke tempat KP

Ini cerita kejadian Kamis, 4 Juni 2009. Hari itu hari keberangkatan gw ke tempat KP di Gresik,tepatnya Semen Gresik. Gresik tuh suatu daerah (ngga tau kota atau kabupaten) yang letaknya ngga jauh dari Surabaya, maka dari itu gw memilih naik pesawat ke Surabaya dikarenakan waktu tempuhnya cepat, terus udah kepepet juga, soalnya hari Rabunya (3 Juni) ada ujian elektronika industri yang tumben banget tepat waktu, karena udah dua kali molor.

Petualangan 3 kota itu diawali dengan bangun pagi2 karena ngejar pesawat jam 9.05. Berangkat dari Bogor jam 6 pagi naik bis Damri (angkutan khusus ke bandara). Jam 7.05 sudah sampe di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (ini terminal yang baru diresmiin beberapa bulan yang lalu, terminalnya gw rasa lebih bagus dari terminal yang lama) dilanjutkan dengan check-in pesawat, terus nunggu sampe boarding.

Nah dari sini kejadiannya mulai seru. Sejam kemudian pesawat mendarat di bandara Juanda Surabaya. Sebagai orang Bogor lokal serta penduduk sementara di Bandung, pengetahuan gw tentang kota di luar dua kota itu buruk sekali, apalagi Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia (kata majalah yang gw baca di pesawat) pasti complicated banget kan. Jadi setelah mendarat gw ngga tau mau ngapain, tapi namanya orang pasti nyari tahu kan? Nah gw sms-an sama partner KP gw di Gresik, Febiyan Dwi Satria, biasa gw panggil Febi. Alhasil dari hasil sms-an gw disuruh ke Gedung Diklat Semen Gresik yang letaknya di Jalan Veteran, Gresik. Tapi, dari percakapan tulisan itu, Febi ngasih tahu bahwa datang ke Gedung Diklat harus bawa syarat administrasi foto, ktp, sama Jamsostek. Okelah kalo foto sama ktp, tapi Jamsostek? Gimana cara dapetnya? Gw pun minta bantuan ke orangtua untuk dicariin informasi tentang cara bikin keanggotaan Jamsostek, kalo bisa sekalian dibikinin. Setelah beberapa lama menunggu, akhirnya didapat kepastian bahwa Jamsostek ngga bisa dibikin di tempat di mana perusahaan yang dituju tidak beroperasi, sehingga gw harus bikin Jamsostek di Gresik. Daripada bingung nyari Jamsostek di Gresik mending gw datang aja ke kantor Semen Gresik buat nanya.

Pertanyaan berikutnya… Gimana cara gw ke Gresik? Gw hubungin Febi buat nanya, setelah ditemani RBT lagu-yang-gw-ngga-tau-judulnya-apa selama beberapa kali nelpon, yang berarti panggilan gw ngga diangkat-angkat, gw pun berinisiatif untuk menghubungi temen gw yang lain yang KP di Gresik juga, namanya Dwiastuti. Sms demi sms bersahutan. Si Dwi ini ngasih saran gw naik taksi atau nanya ke orang (yang berarti sebenernya ngga ngasih jalan terang). Tapi gw turutin tuh saran Dwi buat nanya orang. Akhirnya dapet info buat ke terminal bis Bungurasih untuk nerusin perjalanan naik bis kota.

Perjalanan bis Damri dari bandara menuju ke terminal bis Bungurasih makan waktu kira-kira setengah jam. Dari situ ngelanjutin naik bis kota P8 ke terminal Osowilangun, dan akhirnya nerusin pake Angkot ke gedung Semen Gresik. Masalah angkot, mungkin kalo pada belum tau, angkot di sini tuh efisien banget. Kalo angkot di Bandung paling bisa ngangkat 10 orang di belakang, di sini angkot bias ngangkat 16 orang. Gimana caranya? Ternyata di antara dua kursi angkot yang berhadap-hadapan itu disediain bangku kayu seperti bangku di kaki lima gitu, selain itu bangku kayu juga ada di deket jendela belakang, sama di ointu masuk angkot. Kebayang ngga?

Waktu sampe di gedung Semen Gresik sekitar jam setengah tiga, Di gedung diklat gw ketemu sama Pak Zahri, yaitu pegawai yang berhubungan dengan mahasiswa yang PKL di sana. Ternyata Jamsosteknya bisa dibuat sambil jalan KPnya, jadi gw ngga usah repot ngurus sekarang. Tapi, Pak Zahri bilang bahwa gw KP bukan di Gresiknya, tapi di Tuban (soalnya pabrik yang di Gresik udah ngga beroperasi lagi, bahan bakunya udah habis), trus gw dikasih tanda pengenal (bet) untuk tanda masuk ke pabrik di Tuban. Wah alamat panjang lebar lagi nih perjalanannya, apalagi gw ngga tau apa-apa soal daerah Jawa Timur. Saat nanya ke partner KP gw, ternyata si Febi juga KP-nya di Tuban (daerah pesisir utara Jawa Timur yang panasnya minta ampun), dia bilang daerah Merakurak. Karena ngga tau arah, nanya deh gw ke satpam yang jaga di posnya Semen Gresik. Dijelasin panjang lebar sama dia bahwa gw harus naek angkot ini ke sana sambung sini bla…bla…bla….

Sesudah solat Ashar + Zuhur, gw pun melanjutkan perjalanan ke terminal Osowilangun (lagi) dengan angkot, sialnya gw tertidur di Angkot dan terbawa sampai Surabaya (lagi). Pas bangun ternyata gw udah ada di daerah Jembatan Merah, supir angkotnya nanya, “Mas,turun di mana?”. Gwpun bilang bahwa gw mau ke Tuban, dan si supirnya ngasih tau bahwa gw udah sampe Surabaya dan harus muter lagi untuk sampai ke terminal tersebut. Jam setengah enam sore gw sampe di terminal yang dimaksudkan dan langsung mencari bis dengan tujuan Tuban. Pas diliat-liat ternyata bis tujuan Tuban udah NGGA ADA! Gw sebagai orang asing panik dong dan langsung nanya-nanya ke orang-orang yang ada di terminal. Solusi dari orang-orang yang gw tanyain relatif sama,yaitu naik bis lain dan nanti nyambung bis ke Tuban. Tempat gw harus switch itu namanya Jembatan Babat.

Gw memutuskan naik bis ke daerah Bojonegoro yang lewat daerah Babat tersebut. Saat menunggu bis sampai di Jembatan, waktu rasanya berjalan amat sangat lambat, padahal sebenernya untuk sampe ke jembatan itu waktunya cuma 1 jam perjalanan. Di jalan gw nanyain terus ke kernet bis tentang Jembatan Babat itu, masih jauh atau nggak, jangan sampe kelewat lagi kayak kejadian di angkot tadi. Setelah turun dengan selamat di Jembatan Babat, gw ngelanjutin perjalanan dengan bis ¾ ke Tuban, Alhamdulillah bisnya ngga penuh, jadi duduknya agak lega. Untuk menghindari kejadian salah turun ataupun kelewatan, kali ini gw bilang langsung ke kernet bis bahwa gw mau ke arah Merakurak, ternyata bisnya ngga lewat daerah situ. Kernetnya nyuruh gw turun di daerah yang disebutnya “patung” dan ngelanjutin pake kendaraan lain. Jadi sekarang gw tinggal nunggu sampe di daerah “patung” itu kan? Bener sih, tapi pake tambahan MACET dulu, jadi agak lama sampai di “patung”.

Sesampainya di “patung” (ternyata perempatan jalan dengan patung orang di tengah perempatan tersebut), gw nanya lagi alamat jelas dari daerah Merakurak tersebut ke Febi, dan langsung gw kasih tahu ke tukang ojek yang mangkal di daerah “patung” itu. Saat itu gw udah ngga kepikiran ongkos, yang penting sampe. 20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor, dan akhirnya sampailah di tempat tujuan gw. Saat itu waktu menunjukkan jam 9.05 malam. Fiuh… berakhirlah sudah petualangan sehari di 3 kota ini…

1 komentar:

  1. Waduhh....susah ya ris klo ga ada kendaraan ato ga ada yg nganter...Smangatt...!

    BalasHapus