Sabtu, 20 Juni 2009

Hari Ketujuh KP

Senin 15 Juni 2009

Kegiatan pertama yang dilakukan saat itu adalah mencari Bapak Sunaryo, Kepala Seksi Perencanaan Bahan untuk bertanya kegiatan tentang merencanakan bahan di pabrik. Kebetulan Bapak Sunaryonya ada, tetapi ia tidak bisa melayani, lain waktu aja katanya…

Kami berlanjut ke kegiatan berikutnya, yaitu pergi ke seksi Crusher, tujuannya sama dengan sebelumnya, nanya2 tentang kegiatan di seksi itu apa aja. Tapi apa mau dikata, ternyata ruangannya juga kosong…

Seksi yang belum kami kunjungi lagi adalah seksi Packer dan Pelabuhan. Kami bertemu kepala seksinya, Bapak Mushonif, yang memerintahkan kami untuk langsung ke lapangan. Ternyata kantor kepala seksi dan lapangannya cukup jauh, sekitar 600 meter. Di lapangan, kami disambut oleh Bapak Syaiful, pegawai senior di sana, ia menjelaskan bagaimana seksi packer bekerja. Aliran material berasal dari silo yang diisi oleh finish mill, melalui perjalanan panjang melewati belt conveyor, bucket elevator, dan air slide untuk sampai di bin penampung. Dari bin penampung semen dialirkan ke mesin rotopacker yang memasukkan semen ke dalam kantong-kantong semen. Akhirnya belt conveyor mengantarkan semen yang telah dibungkus ke dalam truk pengangkut untuk didistribusikan.

Selesai penjelasan, kami diajak melihat lapangan oleh Bapak Udin (orang Tuban, tapi namanya kaya orang Sunda, mungkin namanya Syamsudin kali yah..). Di lapangan diperlihatkan mesin rotopacker yang otomatis mengambil kantong semen, mengisinya lalu menggulingkan kantong semen ke belt conveyor dsb… Wah, ini kerjaan otomasi nih, mata kuliah semester depan.

Istirahat telah tiba, kami makan di kantin lalu sholat di mushola. Di sana kami ngobrol dengan anak2 TL yang KP di sini juga. Topik mereka : Polutan partikulat dengan Kesehatan Lingkungan Kerja (hmmm… familiar nih). Setelah ngobrol panjang lebar, kami ngabsen di perpustakaan (yang sudah pindah ke main office dari dormitory), dan pulang.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar