Jumat, 12 Juni 2009

Hari Kedua KP

Senin, 8 Juni 2009 adalah hari kedua KP di Tuban.

Gw dan Febi pulang dari Surabaya ke Tuban sampai di tempat kos kami (weekend gw nginep di rumah Febi, lumayan sekitar 3 jam dari tempat kos…)

Kami berangkat ke SG sesampainya kami di tempat kos, karena jam telah menunjukkan pukul 8 lewat. Kami mengawali hari dengan berkunjung ke bagian K3 mencari Bapak Kuswandi, ternyata Bapak Kuswandi masih melaksanakan tugas di Tretes, sedangkan Bpk Heru, yang biasa melayani mahasiswa ngga ada

Kami melanjutkan hari dengan berkunjung ke bagian penjaminan mutu menemui Bapak Bagus (ini kayaknya topik yang mau diambil Febi). Dan ternyata Bapak Bagusnya ada dan mau menjelaskan penjaminan mutu kepada kami.

Jadi penjaminan mutu di SG secara garis besar terbagi dua, yaitu untuk bahan baku, dan semennya sendiri. Keduanya menggunakan standar yang telah ada. Bahkan semen SG menggunakan standar yang lebih tinggi dari SNI, maupun ASTM! Pengujian dilakukan dengan beberapa metode, secara fisika maupun kimia. Untuk mempermudah tugas, Febi meminta data historis pengujian bulan April untuk tugasnya yang fokus di bagian ini. Dan ternyata diberikan oleh operator yang ada. Wah enak banget udah dapet bahan.

Kami melanjutkan kegiatan ke Seksi Operasi Utilitas, ingin menemui Bapak Agus Kuntoro, tapi nggak ada… Berhubung waktu telah mendekati jam istirahat, kami menuju ke tempat istrahat, yaitu mushola untuk menunaikan sholat, serta kantin untuk menunaikan hasrat.

Selesai istirahat, kami pergi ke Bagian BPPT mau menemui Bapak Ibnu tapi nggak ada, katanya Bapak Ibnu sedang pergi ke Gresik, kayaknya sih sedang ada rapat atau apapun yang mengharuskan ia bertemu atasannya di Gresik. Kami pun mengisi waktu untuk membaca TA dan laporan KP bersama mahasiswa UM dan UPN yang juga Kerja Praktek di sana.

Hari yang melelahkan itu diakhiri dengan pergi ke dormitory untuk mengisi absen, dan pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar